Untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022, keluarga besar SMK Negeri 1 Seyegan telah menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban yang berlangsung di halaman Gedung Olah Raga (GOR) SMK Negeri 1 Seyegan, pada hari Selasa, 12 Juli 2022. Acara penyembelihan hewan qurban ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang melibatkan partisipasi Siswa, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan.

Seperti yang dikemukakan oleh Bapak Bisri, S.Pd., M.M., selaku Ketua 1 kegiatan qurban, “Untuk siswa, iurannya dilakukan dengan cara menyisihkan uang sakunya dan sebagian rizkinya, sedangkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi mereka yang menjalankan ibadah sunah dan ingin berqurban,”

Ditambahkan pula oleh Bapak Nur Abdi Muzakir, S.Ag., M.Ag., sebagai Ketua 2 kegiatan qurban dan sekaligus Guru PAI, kegiatan ini selain bertujuan sebagai latihan ibadah qurban juga bisa menambah keberkahan, kebaikan, serta dapat meningkatkan hubungan baik antar PTK maupun hubungan sekolah dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan sosial dan keagamaan. Di tahun ini, dari hasil partisipasi Siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan ada 4 (empat) ekor hewan qurban sapi yang siap disembelih.”

Sebelum penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan telah dilakukan rapat koordinasi. Dari hasil rapat panitia tersebut diambil kesepakatan bahwa penyembelihan 4 (empat) ekor sapi ini nantinya akan didistribusikan ke beberapa warga sekitar dusun Jamblangan, sekolompok masyarakat Masjid Kalibawang, dan siswa-siswi SMK Negeri 1 Seyegan yang telah memberikan kontribusi dalam kegiatan Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 1 Seyegan.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Seyegan, Bapak Yon Fatkhunal Huda, S.Pd., M.Eng., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Keluarga Besar SMK Negeri 1 Seyegan atas partisipasi, kelancaran, dan kesuksesan dalam penyelenggaraan kegiatan qurban di SMK Negeri 1 Seyegan. Harapan dari Kepala SMK Negeri 1 Seyegan, semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan dapat meningkatkan hubungan kerja sama yang lebih baik, bersama-sama melangkah dalam meningkatkan kebaikan untuk kita semua. Secara esensial, tentu saja, tujuan ibadah qurban bagi umat Islam adalah semata-mata mencari ridla Allah SWT. Ibadah qurban ini dimaksudkan untuk memperkuat dan mempertebal ketaqwaan kepada Allah. Allah akan menilai ibadah ini sebagai wujud ketaqwaan hamba kepada-Nya.

Pada momen yang sama juga disampaikan oleh beberapa perwakilan warga Jamblangan yang telah menerima hewan qurban, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dalam rangka pengabdian kepada masyarakat secara nyata.  Karena tujuan berqurban adalah mempererat tali silaturahmi antar saudara, tetangga, dan kerabat. Dengan berqurban, hubungan dengan orang yang berqurban dan penerima qurban akan makin baik dan erat. Begitu pula dengan seluruh orang atau masyarakat yang saling berkumpul di tempat penyembelihan hewan qurban.

Pada kesempatan lain, Kepala SMK Negeri 1 Seyegan Yon Fatkhunal Huda, S.Pd., M.Eng., juga menyampaikan bahwa dalam penyembelihan hewan qurban, pemotongan, dan pembagian dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara ketat yang termaktub dalam Surat Edaran (S.E.) Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Nomor 2 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku, serta Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia, dalam Surat Edaran (S.E.) Nomor 01/SE/PK.300/M/5/2022 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak. Dimana PMK adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya.

Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan ternak, jangan sampai memaksakan diri. Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.”

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.