Dalam rangka mempersiapkan serta menumbuhkan motivasi siswa dalam memasuki dunia kerja, BKK SMKN 1 Seyegan menyelenggarakan Career Day. Kegiatan ini bertempat di GOR SMKN 1 Seyegan dan diikuti oleh siswa kelas XII jurusan DPIB, TKRO, TO, TBSM, TKJ yang berjumlah 357 siswa.

Career Day diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 25 hingga 27 Januari 2022. Hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Bapak Yon Fatkhunal Huda, S.Pd. M.Eng selaku Kepala SMKN1 Seyegan. Beliau berpesan bahwa siswa SMK harus siap untuk terjun ke dalam dunia kerja maupun melanjutkan ke bangku kuliah. Setelah sambutan dari Kepala Sekolah, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Baruna Akademi yang merupakan pusat pendidikan kapal pesiar dan perhotelan yang berasal dari Yogyakarta. Dilanjutkan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman menyampaikan materi terkait mekanisme penempatan tenaga kerja seperti tenaga kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Antar Negara (AKAN). Selain narasumber dari dunia kerja, Career Day hari pertama juga menghadirkan narasumber dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang memberikan informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru.

Career Day hari kedua menghadirkan narasumber dari Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa (STIBSA), dan PT Sukses Mandiri Utama. Narasumber dari UTY dan STIBSA menyampaikan materi tentang pendaftaran mahasiswa baru. Sedangkan narasumber dari PT Sukses Mandiri Utama yang merupakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) menyampaikan pentingnya menguasai kompetensi dan keterampilan bidang yang akan digeluti ketika bekerja.

Selanjutnya Career Day hari ketiga diawali dengan materi dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Dilanjutkan dengan materi LPK Bina Insani tentang pentingnya menguasai bahasa asing sebelum bekerja di luar negeri. Kegiatan Career Day ditutup dengan penyampaian materi dari Polda DIY terkait tata cara untuk mengikuti seleksi penerimaan anggota POLRI.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, siswa kelas XII dapat menentukan jalur karir sedini mungkin hingga nantinya memperoleh kesuksesan. Selain itu siswa juga diharapkan mulai aktif  mencari informasi serta mengikuti berbagai Bursa Kerja (Job Fair).SMK Bisa!! (hs)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.