Wulan Asih Mustikasari
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, SMK Negeri 1 Seyegan
Jl Kebonagung Km 8 Jamblangan Margomulyo Seyegan Sleman
Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing dalam era globalisasi. Pada saat ini kurikulum yang digunakan di SMK Negeri 1 Seyegan yaitu kurikulum 2013 dimana peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan disini guru hanya sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta didik dituntut aktif maka guru hendaknya memiliki berbagai model-model pembelajaran yang efektif untuk merangsang aktivitas dan motivasi belajar peserta didik, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match.
Alasan praktik ini penting untuk dibagikan karena pendidik mengangap pengalaman mengajar ini penting untuk dibagikan kepada teman-teman guru yang lainnya, dengan model pembelajaran ini peserta didik dilatih untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran. Widayanti (2018) Selain itu keunggulan teknik pembelajaran ini peserta didik akan mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik, dan dalam suasana yang menyenangkan. Penerapan metode ini dimulai dengan teknik, yaitu peserta didik disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sebelum batas waktunya, peserta didik yang dapat mencocokan kartunya akan diberi point. Dengan gambaran tersebut harapan pendidik bisa menjadikan referensi untuk mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make a Match.
Adapun peran tanggung jawab pendidik, yakni untuk terus berusaha menerapkan model pembelajaran yang efektif. Sebagai guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media yang akan digunakan, LKPD (lembar kerja peserta didik), evaluasi. Tidak lupa pendidik juga harus memperhatikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam kelas sehingga menjadi refleksi pembelajaran selanjutnya.
Beberapa tantangan yang dihadapi yaitu masih ada beberapa peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga disini guru menerapkan pembelajaran kooperatif learning tipe make a match. Pendidik juga memiliki strategi yang dilakukan yaitu dengan cara membimbing peserta didik yang kurang aktif agar telibat aktif memberikan motivasi kepada peserta didik teresebut.
Sesfaot, dkk (2020) Adapun langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai berikut:
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian lainnya kartu jawaban
- Setiap peserta didik mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban
- Setiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
- Setiap peserta didik mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya
- Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
- Kesimpulan atau penutup
Penilaian yang dilakukan oleh pendidik yaitu dengan tiga penilaian diantaranya adalah penilaian sikap, penegtahuan, dan ketrampilan.
Dampak aksi dari langkah-langkah yang dilakukan yaitu kegiatan pembelajaran terlaksana sesuai dengan yang telah direncanakan, pendidik dapat menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif, pemahaman peserta didik lebih baik, selain itu juga peserta didik memiliki motivasi terhadap pembelajaran. Sehingga hasil yang didapat dalam proses pembelajaran efektif dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make a Macth.
Faktor yang menyebabkan strategi menjadi berhasil karena perencanaan yang sudah matang, perangkat pembelajaran sudah lengkap, fasilitas yang tersedia sudah memadai, serta adanya dukungan dari seluruh warga sekolah dan kerjasama yang baik dari peserta didik.
Daftar Pustaka
Widayanti, agnisa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Teknik Make a Match untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa (Jurnal online: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20169/1089)
Sesfoat, ludmila, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Jurnal Online: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/236/155).