Keberhasilan proses belajar mengajar dapat diukur dari tingkat pemahaman materi, dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Agar peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan oleh pendidik, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi, misalnya pemilihan media, model, dan metode oleh pendidik belum maksimal. Belum optimalnya pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi yang telah dilaksanakan dapat dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik. Masih banyak peserta didik yang belum mampu menentukan bagian struktur teks laporan hasil observasi. Hal ini dikarenakan peserta didik membutuhkan ketelatenan dalam membaca dan memahami teks yang disajikan.

Praktik ini penting dibagikan karena pembaca bisa memperoleh banyak hal-hal yang positif khususnya tentang pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi. Bagi peserta didik, dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur, khususnya teks laporan hasil observasi. Bagi pendidik, membantu pendidik mengetahui penggunaan model discovery learning dalam menganalisis struktur teks laporan hasil observasi. Bagi sekolah, best practices ini dapat dijadikan referensi bagi pihak sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi kelas X di SMKN 1 Seyegan.

Pendidik yang menjadi salah satu sumber belajar bagi peserta didik harus mampu menguasai materi khususnya materi menganalisis struktur teks laporan hasil observasi. Dalam pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi saya sebagai pendidik berusaha untuk menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat. Pada peserta didik kelas X Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan saya menggunakan model discovery learning. Dengan demikian peserta didik dalam proses pembelajaran dapat belajar atau berdiskusi antar kelompok tidak hanya dengan kelompok sendiri sehingga bisa menambah wawasan dan gambaran tentang teks laporan hasil observasi beserta pembagian strukturnya. Peran peserta didik juga menjadi lebih aktif dalam proses belajar bahkan peserta didik dapat berperan sebagi tutor sebaya yang menjelaskan hasil kerja kelompoknya dan dapat memecahkan masalah yang ada.

Pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi pada kelas X Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan mengalami beberapa tantangan, antara lain. Menumbuhkan minat baca pada peserta didik. Teks laporan hasil observasi merupakan teks  cerita lucu namun didalamnya terdapat kritikan atau sindiran. Bacaan dalam teks laporan hasil observasi biasanya panjang dan ada yang berupa dialog. Peserta didik ketika dihadapkan pada teks yang panjang, beberapa peserta didik tidak bersemangat ketika membacanya. Menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Ketika dihadapkan pada tugas, beberapa peserta didik merasa tidak percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Mereka kurang yakin pada jawabannya. Padahal rata-rata jawaban mereka benar. Pendidik berusaha untuk membimbing peserta didik agar yakin pada apa yang dikerjakan. Mengajarkan peserta didik berpendapat. Berbicara di depan orang banyak bukan hal yang mudah bagi peserta didik. Kegiatan menanggapi ataupun menyanggah hasil presentasi kelompok lain merupakan pembiasaan baru. Pendidik mencoba membiasakan peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya di depan teman-teman yang lain.

Sebelum melakukan pembelajaran saya sebagai pendidik harus bisa mengenali karakteristik peserta didik sehingga saya bisa menentukan model, metode, dan media yang tepat digunakan. Selain itu saya juga mendiskusikan dengan teman sejawat terkait dengan penentuan model,metode, dan media yang tepat digunakan. Setelah mengenali karakter peserta didik dan berdiskusi dengan teman sejawat, saya menyusun RPP lengkap dengan LKPD, instrumen penilaian, pedoman penskoran, bahan ajar, PPT, dan menyiapkan media berupa video dan teks. Setelah RPP disusun kemudian saya sebagai pendidik melaksanakan pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi sesuai dengan RPP yang telah disusun dan menggunakan bahan ajar serta media yang sudah disiapkan.

Berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan telah dilakukan evaluasi pada akhir pembelajaran, pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi pada kelas X dengan model Discovery Learning, media video dan teks menunjukkan hasil yang lebih baik dari pembelajaran sebelumnya. Peserta didik mampu menganalisis struktur teks dengan tepat sesuai dengan pembagiannya. Pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai RPP yang telah disusun. Praktik pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, metode diskusi dan tanya jawab. Model pembelajaran sudah dilakukan pendidik sesuai dengan tahapan atau sintaks.

Untuk rencana tindak lanjut, setelah melakukan praktik pembelajaran ini, pendidik akan terus berinovasi dalam pembelajaran, baik itu dari segi model pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Berusaha melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Strategi yang digunakan, pertama menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning untuk melatih kemampuan peserta didik berpikir kritis dan mengembangkan kemandirian peserta didik dalam belajar. Kedua, menggunakan media video dan PPT untuk memberikan gambaran kepada peserta didik tentang materi yang dipelajari. Ketiga, menggunakan wordwall sebagai alat evaluasi pembelajaran yang menyenangkan. Keempat, membuat bahan ajar sebagai pegangan peserta didik, dengan tampilan materi yang menarik.

Untuk sumber daya dan materi yang digunakan antara lain, buku pegangan peserta didik, laptop dan LCD, digunakan untuk menampilkan PPT, video, dan sarana penunjang pembelajaran, dan HP digunakan ntuk mengerjakan evaluasi dan membuka LKPD serta bahan ajar.

Pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi dengan model Discovery Learning yang diterapkan pada peserta didik kelas X Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan, membawa dampak positif dalam pembelajaran. Peserta didik lebih antusis ketika pembelajaran berlangsung, apalagi ketika evaluasi menggunakan wordwall. Selain itu, peserta didik lebih cepat selesai dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Pembelajaran dengan media video memperoleh hasil yang lebih optimal. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil jawaban LKPD peserta didik yang menjawab dengan benar mengenai tugas menganalisis struktur dari teks laporan hasil observasi.  Video yang ditayangkan, memberikan gambaran yang lebih, mengenai materi yang sedang dipelajari oleh peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menganalisis struktur teks laporan hasil observasi dengan model Discovery Learning dan menggunakan TPACK mampu mengoptimalkan keberhasilan dan proses kegiatan belajar mengajar. (Neni Tri Apriana)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *