buku tamu



anto
16-12-2015 / 07:44:57
tes...

galeri foto
Gedung-SMK-Seyegan
Ujian-Praktek-Kejuruan-SMKN-1-Seyegan-2017
Ultah-DWP
UPK-2017

Mikrotik Academy: Kerjasama Lintas Negara SMK Negeri 1 Seyegan dengan Mikrotik Latvia

Posted : 04-12-17

Mikrotik Academy SMK N 1 Seyegan adalah program kerjasama SMK Negeri 1 Seyegan dengan Mikrotik, sebuah perusahaan produsen router (baik hardware maupun software) di Latvia, Eropa.

 

 

Siapa yang hari ini terkoneksi internet tanpa menggunakan router? Tidak ada. Kita mungkin tidak menyadari bahwa kita terkoneksi internet dengan melewati beberapa bahkan banyak router. Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Lalu apakah routing itu? Routing adalah proses pencarian jalur. Jadi, router secara singkat adalah alat untuk mencarikan jalur paket data.

Banyak sekali produsen router saat ini. Harga router sangat bervariasi, dari puluhan juta sampai hanya ratusan ribu. Tentu saja, tingkat harga mengindikasikan tingkat performa, layanan, dan atau lingkup penggunaannya. Karena itu, setiap institusi yang tergabung dengan Internet, pastilah tergantung dengan router ini. Entah institusi tersebut sekelas small office home office sampai sekelas enterprise atau perusahaan besar.

Salah satu produsen router yang terkenal adalah Mikrotik. Berkantor pusat di Latvia, sebuah negara di benua Eropa, Mikrotik merupakan produsen router baik software maupun hardwarenya. Sejak awal dasawarsa 2000an, produk Mikrotik sudah banyak digunakan penyedia layanan internet (ISP), perusahaan besar dan kecil, bahkan individu rumahan. Misi Mikrotik adalah membuat teknologi Internet lebih cepat, lebih berkinerja, dan lebih terjangkau pengguna skala luas. Oleh karena itu, produk Mikrotik menjangkau segmen yang sangat luas dengan jangkauan harga dari ratusan ribu rupiah sampai dengan puluhan juta.

Untuk mendukung misi ini, Mikrotik mempunyai program Mikrotik Academy. Program Mikrotik Academy diperuntukan institusi pendidikan seperti universitas, sekolah teknik, lembaga kursus, dan sekolah vokasi, bahkan sekolah menengah kejuruan.

Praktisi jaringan dengan kompetensi yang memadai tentang Mikrotik saat ini sedang diinginkan oleh penyedia jasa layanan internet di seluruh dunia. Karena itulah, Mikrotik menawarkan institusi pendidikan sebuah kesempatan untuk menyelenggarakan kelas jaringan menggunakan RouterOS (software produksi Mikrotik sebagai alat pembelajaran. Para pelajar bisa mendapatkan sertifikat internasional MTCNA yang menegaskan kemampuan mereka.

Syarat dari sebuah institusi pendidikan agar mampu bergabung dalam program Mikrotik Academy ini adalah: motivasi dan sumber daya, ruangan lab beserta peralatannya, koneksi internet yang memadai, trainer Mikrotik Academy, dan material training. SMK Negeri 1 Seyegan sebagai sekolah rujukan mempunyai empat persyaratan yang pertama. Yang perlu ditempuh adalah adanya trainer Mikrotik Academy lalu material trainingnya.

Dengan izin Allah Yang Mahakuasa, Wirawan Yogiyatno, S.Kom., M.Pd., guru kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Seyegan akhirnya mendapatkan izin (approval) sebagai trainer akademi  pada 1 November 2017 setelah sebelumnya mendapatkan sertifikat kompetensi MTCNA dan MTCRE dengan nilai 80% dan 87%. Dengan demikian, persyaratan untuk mendirikan Mikrotik Academy bagi SMK Negeri 1 Seyegan sudah tercukupi. Setelah MoU ditandatangani kedua belah pihak, resmilah SMK Negeri 1 Seyegan menjadi bagian dari program Mikrotik Academy.

Mikrotik Academy SMK N 1 Seyegan mempunyai izin resmi dari Mikrotik untuk mengadakan training dan ujian sertifikasi kompetensi MikroTik Certified Network Associates (MTCNA) ekslusif bagi siswa-siswi Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 1 Seyegan. Sertifikat kompetensi MTCNA tersebut diakui dan berlaku secara internasional.
Harapan ke depannya adalah dengan dipakainya router MikroTik baik di lingkup perusahaan kecil (small office home office) sampai perusahaan besar (enterprise) di seluruh penjuru dunia, tamatan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 1 Seyegan pemegang sertifikat kompetensi MTCNA siap terjun di dunia kerja global.

 

 

Komentar:







 

cari artikel
agenda kegiatan
«  August 2018  »
Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Kegiatan
Tidak Ada Kegiatan
social media